ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) Fungsi dan Cara Kerjanya

Listrik adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan manusia pada zaman modern seperti sekarang ini, semua membutuhkan listrik, masih ingatkah ketika listrik mati selama dua hari pada bulan Agustus tahun 2019? apa yang anda rasakan? apalagi di daerah perkotaan bisa dibilang segalanya membutuhkan listrik, sudah menjadi keutuhan pokok. Namun listrik juga bisa menimbulkan bahaya jika terkena sengatan arus listrik atau kesetrum, seseorang bisa mati, dan jika terjadi hubungan singkat arus pendek atau konslet juga bisa menimbulkan bahaya kebakaran.

Dalam menangani kelistrikan baik dirumah maupun di perkantoran tidak sembarang orang yang bisa mengerjakannya, harus orang yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam menangani listrik. Apabila terjadi konsleting listrik maka sekering atau MCB akan turun, namun jika terjadi kebocoran kabel, atau orang kesetrum belum tentu MCB ini akan turun sendiri.

ELCB Sunfree- https://shopee.co.id/ELCB-40A-Sunfree-FEB-40N-Disertai-LED-Indikator


Pada kesempatan ini saya akan membahas salah satu komponen listrik sebagai pengaman jaringan listrik dirumah anda, bahkan bisa dibilang ini adalah komponen listrik yang bisa menyelamatkan nyawa seseorang saat kesetrum listrik.

Komponen listrik ini adalah Earth Leakage Circuit Breaker atau sering disingkat dengan ELCB, jika diilihat sekilas bentuknya mirip  seperti MCB, namun fungsi dari ELCB ini berbeda dari MCB (Miniature Circuit Breaker).ELCB adalah komponen kelistrikan yang berfungsi untuk mendeteksi arus yang bocor pada instalasi listrik dengan impedansi tinggi. Unit ini tidak memiliki pengaman thermal dan magnetis sehingga perlu bantuan dari MCB pada sisi atasnya untuk pengaman dari hubungan singkat.

Dalam penggunaannya, ELCB tidak boleh dipasangkan jika arus singkat lebih dari 6 kA. Dipadukan dengan alat bantu seperti OFS, MN, dan MX yang memiliki signaling dan trip jarak jauh.Keunggulan dari ELCB ini karena dapat dioperasikan secara manual seperti saklar dan juga memiliki mekanisme trip sendiri yang digunakan jika pengaman arus bocor dibutuhkan pada sekelompok sirkit maksimum (4 sirkit).

Bagaimana Cara Kerja ELCB?

Sebenarnya cara kerja dari ELCB ini cukup sederhana yaitu dengan sebuah relay sebagai eksekutornya.Peralatan listrik yang berjalan normal memiliki total arus yang mengalir pada kawat (+) “plus” dan “netral” yang seimbang sehingga tidak ada perbedaan antara arus tersebut. Namun, jika ada seseorang yang tersengat arus listrik maka akan terjadi arus tambahan karena arus dari rangkaian akan tersalurkan dari orang yang tersengat ke tanah. Disinilah fungsi dari ELCB, unit ini akan mendeteksi perubahan arus tersebut yang akan mengaktifkan relay yang akan memberi perintah kepada MCB untuk memutus arus.

ELCB dan MCB-https://www.youtube.com/watch?v=ikYuQZlmTMs


Dalam kasus ini perbedaan arus melewati batas aman atau sekitar 30 mA sudah cukup untuk mengaktifkan relay dan memberi perintah ke MCB. Sehingga seseorang yang tersengat listrik masih bisa ditolong dengan adanya ELCB ini. 

Kelebihan dari ELCB

Memiliki respon kerja sekitar < 0.1 detik untuk memutus arus listrik, merupakan kelebihan utama dari Earth Leakage Circuit Breaker ini. Selain dapat menyelamatkan manusia dari sengatan listrik yang bisa membahayakan nyawa, alat ini juga berguna untuk melindungi peralatan listrik yang memiliki resiko tinggi terhadap kebocoran listrik yang diakibatkan kerusakan atau kesalahan pada saat instalasi.

Merk ELCB Terbaik

Demi keselamatan saran saya adalah gunakan komponen listrik yang berkualitas, untuk merk ELCB terbaik adalah Schneider Electric, Mitshubishi Electric dan Chint merupakan merk ternama untuk produk elektrikal yang paling banyak dicari dan digunakan saat ini.

Semoga Bermanfaat.



2 Comments

  1. informasi yang bermanfaat dan disampaikan dengan kata-kata dan penjelasan yang mudah difahami, menambah pengetahuan tentang kelistrikan. Untuk Info Listrik lainnya Kunjungi "Voltechno.Net"
    thanks

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kak sudah mampir di blog saya

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post