Bagaimana Merencanakan Sebuah Blog?

Setelah saya jelaskan sedikit tentang Mengenal Apa itu Blog, pada postingan sebelumnya, kali ini saya akan sedikit membagikan tips Bagaiman merencanakan Sebuah Blog. Saat mulai berencana membuat sebuah blog. Yang pertama ada dalam pikiran Anda pasti adalah apa yang akan Anda tulis dalam blog tersebut. Apakah kisah sehari-hari tentang kehidupan Anda? Apakah artikel profesional Anda? Kemudian kepada siapa tulisan Anda akan ditujukan.
Blog yang cukup populer di Indonesia

Mungkin Anda sudah tau sendiri bahwa di internet banyak sekali blog-blog bertebaran. Sekarang yang perlu dipikirkan adalah, apakah Anda ingin hanya sebatas diketahui teman-teman saja? Atau Anda ingin blognya menempati ururtan pertama di situs pencarian seperti Google? Jika target Anda membuat sebuah blog adalah mendapatkan penghasilan dari Google Adsense, maka target Anda adalah pengunjung sebanyak-banyaknya.

Gaya Blog Anda

Ada beberapa gaya tulisan blog yang dapat Anda pilih yang kira-kira sesuai dengan diri Anda.
  • Personal Diary: ini adalah gaya seperti Anda menulis buku harian. Ada banyak hal-hal pribadi yang Anda ungkap di blog tersebut.  
  • Review: Blog ini ditujukan untuk mereview produk-produk atau jasa. Misalkan mereview tentang sepeda motor terbaru, software terbaru, game-game  terbaru dan lain sebagainya.
  • Tutorial: Blog ini adalah berisi tentang tutorial-tutorial, contohnya tutorial cara pengoperasian sebuah software, cara membuat keterampilan dan lain sebagainya.
  • Comunity Blog: Blog ini membahas tentang tema-tema lokal yang menarik dari media cetak maupun elektronik yang sedang hangat.

Bolehkah Saya Berkomentar di Blog Saya?

 Blog adalah perbincangan. Mengapa blog bisa menjadi terkenal?  Karena adanya perbincangan. Adanya komunikasi dua arah antara pemilik dan pembaca blog. melalui saluran mana perbincangan tersebut terjadi? Adanya komentar-komentar yang ditingalkan oleh pengunjung blog.
Aktivitas komentar dapat meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda. Semakin banyak komentar dan tanggapan dari Anda akan meningkatkan kesetiaan pengunjung.

Kebanyakan blog mengijinkan pembacanya untuk meninggalkan komentar. tetapi banyak juga pemilik blog yang tidak mengijinkan pembacanya untuk meninggalkan komentar. Silakan Anda bereksperimen bagaimana komentar yang masuk ke blog Anda. Jika komentar yang masuk banyak yang tidak berhubungan dengan konten blog, Anda bisa mempertimbangkan untuk menghapus komentar. Untuk menjaga penilaian terhadap blog Anda semakin menurun dengan adanya komentar yang tidak semsestinya.

Pengkategorian yang Tepat

Artikel dalam blog biasanya di kelompokan dalam kategori. Kategori tersebut merupakan breakdown dari kata kunci yang Anda kejar. usahakan sebisa mungkin untuk membuat kategori yang tidak melenceng jauh dari umum yang ditargetkan.

Di Blog juga ada istilah tag atau label, masing-masing artikel dapat dimasukan lebih dari satu tag, tetapi sebaiknya satu artikel hanya berada dalam satu tag. Ini untuk mencegah kebingungan pembaca yang akan banyak menemukan sebuah artikel berada dio sana-sini karena dikaitkan lebih dari satu tag.

Semoga Bermanfaat

14 Comments

  1. Anonymous3:52 pm

    Sebelum membuat blog memang perlu dibuat sebuah perencanaan agar menghasilkan konten yang berkualitas dan kaya manfaat.

    ReplyDelete
  2. Bener sekali om, terima kasih atas kunjungannya, salam kenal

    ReplyDelete
  3. Bener ntu, kita harus merencanakannya agar kita lebih mudah dalam Mengoptimalkan SEO

    ReplyDelete
  4. Iya terima ksih atas kunjungannya bang, pasti saya kunjung balik.

    ReplyDelete
  5. Postingan yg cukup menarik untuk disimiak nie sob, jujur aja sebagai pemula saya kurang begitu mengerti tentang blog apalagi yg namanya SEO makanya saya membuat blog pun ga jelas arahnya kemana, tujuan awal saya membuat blog hanya untuk memudahkan dalam mempromosikan beberapa bisnis online ptc yg saya ikuti, itu tujuan awal saya tapi setelah membaca postingan sobat, saya mulai kepikiran nie...thanks ya udah berbagi infonya :)

    ReplyDelete
  6. Sama-sama sob, syukurlah kalau bisa bermanfaaat, sukses selalu sob

    ReplyDelete
  7. keren gan tipsnya, jadi kalau udah di tengah-tengah nggak binggung deh, cocok buat newbie
    Thanks for posting

    ReplyDelete
  8. Sama-sama pak terima kasih sudah berkunjung, salam kenal

    ReplyDelete
  9. Manteb banget gan postingan nya pas buat saya blogger pemula ^_^

    Makasih gan tips nya

    ReplyDelete
  10. Info yang sangat menarik - makasih gan kunjungannya. Maniak Otomotif

    ReplyDelete
  11. Sama-sama bang Felix, terima kasih atas kunjungannya

    ReplyDelete
  12. Bang Andy terima kasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  13. Buat Blogger Pemula sangat bermanfaat memberi pencerahan mengenai topik yang akan diambil.

    Memang blog sekarang lebih banyak berita dan tutorial itupun kebanyakan mengambil dari sumber lain, anehnya suka ga dicantumkan.

    Blog yang memiliki kejelasan dalam visi misi akan mencitrakan karakter diri sendiri. Karena blog sebetulnya bukan cuma ketenaran semata.

    Gimana pendapat akang soal opini saya?

    ReplyDelete
  14. Mohon maaf mas Adam, abru sempat balas komen mas, terima kasih atas opininya, memang bener sekali mas apa yang mas katakan, saya sangat setuju sekali. Terima kasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
Post a Comment
Previous Post Next Post