Cara Setting Header Tabel Tetap Muncul Ketika Discroll Ke Bawah Pada Excel

Belajar dari pengalaman saya sendiri yang kesulitan ketika akan input data yang cukup banyak jumlah kolom ke bawahnya, maka saya membuat postingan ini bagaimana cara setting judul tabel/header tabel di excel agar tidak bergerak saat di scroll sangat mudah dengan menggunakan fungsi Freeze panes, fungsinya yaitu untuk memudahkan kita melihat judul saat digeser ke bawah ataupun ke atas. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah tutorial microsoft excel tentang Cara Membuat Header Tidak Bergerak saat Scroll.

Freeze pane ini sangat membantu kita untuk memasukkan data yang berupa tabel yang sangat panjang, mengingat jika dilakukan tanpa menggunakan fitur freeze pane, maka judul kolom tabel ataupun judul baris tidak akan terlihat sehingga menyulitkan kita untuk input data.

Berikut adalah Cara Membuat Header Tabel Tetap Muncul Ketika Discroll Pada Excel :

1. Silahkan Anda buka dokumen microsoft excel yang sebelumnya sudah dibuat. Sebagai ilustrasi lihat contoh gambar file di bawah ini.

2. Letakan cursor tepat di bawah judul tabel (Tepat di bawah cell yang berwarna merah). Lihat gambar di atas.

3. Kemudian Pilih Menu View ➔ Pilih Freeze Panes ➔ Pilih Freeze Panes

Sampai langkah ini Anda sudah berhasil membuat freeze pane (header tidak bergerak).

Untuk  mengecek apakah berhasil atau tidaknya, silahkan Anda scrool halaman ke atas dan ke bawah, jika header tabel/judul tabel tidak bergerak dan tetap muncul, bisa disimpulkan Anda sudah benar-benar berhasil.




Post a Comment (0)
Previous Post Next Post