Cara Setting Wifi Hotspot dan Ganti Password Modem Huwaei HG532E Telkom Speedy

Modem asli bawaan dari Telkom Speedy spesifikasinya sudah dilengkapi dengan  WiFi untuk membuat jaringan hotspot pribadi di dalam rumah anda . Ada beberapa merk yang diberikan Telkom Speedy untuk pelanggannya , tapi yang paling umum  dan sering dipakai adalah TP-LINK, ZTE dan salah satu yang dipakai di kantor saya adalah Huawei HG532E. Karena merek dan model modemnya berbeda-beda  maka pasti ada perbedaan juga untuk menyetting modemnya.

Pada postingan blog saya kali ini akan saya bahas bagaimana cara mengatur setting WiFi di modem Huawei  model HG532E, kebetulan saya diminta bos untuk mengganti password Wifi di kantor jika  ada perbedaan silahkan diadaptasikan. Jika anda menggunakan modem TP-LINK  atau merk yang lainnya akan saya bahas pada postingan selanjutnya.



Langkah pertama adalah  anda harus mengakses halaman administrasi modem Huawei, ketikkan alamat IP 192.168.1.254 di browser Mozzila, IE atau browser yang lain, kemudian  tekan ENTER. Isikan username dan password administrator modem anda. Username : admin, password : admin

  • Selanjutnya silahkan anda buka menu Basic dan pilih WLAN (Wireless Local Area Network), setelah itu silahkan pilih setting  bagian mana yang ingin diubah konfigurasinya.
  • Jika ingin mengaktifkan WiFi – Perhatikan akan ada opsi Enable WLAN, beri centang untuk mengaktifkan WiFi dan hilangkan centang jika anda ingin mematikannya.
  • Mengatur nama hotspot – Anda perlu mengisikan nama jaringan hotspot anda pada kotak SSID (Service Set Identification) sesuai dengan nama yang anda inginkan contohnya adalah Yono hotspot
  • Tingkat kekuatan enkripsi – Agar jaringan wireless anda tidak mudah dibobol atau disadap maka gunakanlah enkripsi yang kekuatan tinggi. Gunakan  antara WPA-PSK/WPA2-PSK atau WPA-EAP/WPA2-EAP.
  • Mengubah password WiFi – Sedangkan pada WPA pre-shared key digunakan untuk password yang diperlukan untuk menggunakan hotspot tersebut. Buatlah password yang mudah diingat tapi unik sehingga tidak bisa ditebak orang lain dengan mudah. Jika diperlukan silahkan untuk mengganti password WiFi anda secara berkala.
  • WPS (WiFi Protected Setup) – Saya sarankan untuk dimatikan saja karena ada resiko keamanan dari serangan bruteforce.
Mudah bukan? Cara membuat Wifi hotspot dan merubah password sendiri, Semoga Bermanfaat.
Previous Post Next Post