Dengan di keluarkannya Honda New Sonic 150R tentu saja akan
membuat Suzuki Satria FU 150 terusik.
Ketenaran ”ayam jago” Suzuki memang sudah tidak diragukan lagi. Akan tetapi,
jagoan dari Honda juga tak kalah ilmu. Kini jagoan keduanya akan saling
senggol, akan tetapi pasarlah yang akan
menentukan siapa yang paling jago di antara kedua ayam jago “tersebut”.
Saya sendiri belum berani memprediksi aksinya di pasar bebek
sport nasional. Akan tetapi, yang bisa dilakukan sekarang ini adalah dengan membandingkan
spesifikasi dari keduanya. Perbandingan bias dilihat dari data teknis resmi
masing-masing, termasuk mesin dan teknologi.
Jika dilihat secara dimensi, mereka sangat mirip. Honda Sonic
150 terlihat sedikit lebih pendek,
sedangkan Suzuki Satria F 150 lebih ramping. Jarak antara jok ke tanah juga
mirip, di kisaran 76 cm. Namun, kelebihan Satria adalah lebih ringan dengan
berat kosong 95 kg jika dibandingkan Sonic dengan 114 kg. Sedangkan kapasitas
tangkai bahan bakar Satria lebih banyak 0,2 liter.
Sumber Gambar: www.tantemobil.com |
Sumber Gambar : www.suzuki.co.id |
Beralih ke dapur pacu, keduanya berbeda teknologi. Satria
masih mengandalkan sistem lama dengan suplai bahan bakar karburator, sementara
Sonic sudah mengadopsi teknologi injeksi khas Honda. Keduanya menerapkan
teknologi DOHC. Mesin Satria berkapasitas 147,3 cc, sementara Sonic 149,16 cc.
Perbandingan kompresi Satria 10,2:1, sedangkan Sonic lebih tinggi, yakni
11,3:1.
Soal tenaga dan torsi, kedua ayam jago ini saling sundul.
Satria dan Sonic sanggup mengeluarkan tenaga maksimal yang sama, yakni 16 tk
atau setara 15,7 tk. Namun, angka tersebut dicapai pada putaran mesin 9.000 rpm
untuk Sonic, dan 9.500 rpm untuk Satria. Torsi puncak Satria lebih kecil, yakni
12,7 Nm @8.500 rpm dibandingkan Sonic di angka 13,5 Nm @6.500 rpm.
Finalnya adalah jika dilihat dari angka-angka tersebut sudah
bisa digambarkan bahwa akselerasi Sonic akan lebih responsif, dilihat dari
torsi lebih besar yang dicapai pada rpm lebih rendah. Namun, bobot Sonic yang
lebih berat bisa membuat keduanya seimbang.
Berikut ini adalah spesifikasi Sonic 150 R dan spesifikasi Satria F 150
Suzuki Satria F 150
|
Honda Sonic 150R
|
|
DIMENSI | ||
Panjang x lebar | 1.945 mm x 652 mm | 1.941 mm x 669 mm |
Jarak sumbu roda | 1.280 mm | 1.275 mm |
Jarak terendah ke tanah | 140 mm | 140 mm |
Tinggi jok | 76,4 cm | 76,2 cm |
Berat kosong | 95 kg | 114 kg |
Kapasitas tangki | 4,2 liter | 4 liter |
MESIN | ||
Jenis | 4-tak, DOHC, Berpendingan oli, SACS, 4-katup, 1 silinder | 4-tak, DOHC, Berpendingin cairan, 4-katup, 1 silinder |
Kapasitas silinder | 147,3 cc | 149,16 cc |
Tenaga maksimum | 15,77 tk @9.500 rpm | 15,77 tk @9.500 rpm |
Torsi maksimum | 12,7 Nm @8.500 rpm | 13,5 Nm @6.000 rpm |
Sistem suplai bahan bakar | Karburator | Injeksi (PGM-FI) |
Rasio kompresi | 10,2 : 1 | 11,3 : 1 |
Tipe pengapian | CDI | Full transisterized |
Transmisi | 6-percepatan | 6-percepatan |
RANGKA | ||
Suspensi depan-belakang | Teleskopik-lengan ayun suspensi tunggal | Teleskopik-lengan ayun suspensi tunggal |
Rem depan-belakang | Cakram hidraulis | Cakram hidraulis |
Ban depan-belakang | 70/90-17 38S (depan) 80/90-17 44P (belakang) |
70/90-17 38P tubeless (depan) 80/90-17 50P tubeless (belakang) |
.
.
0 Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Honda Sonic 150 R"