Cara Mengganti RAM CPU Sendiri

Kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara mengganti RAM pada CPU,sangatlah mudah bagi yang sudah tau, sebgian besar pengguna komputer belum semuanya tau cara mengganti RAM CPU sendiri.


Saya yakin setelah Anda membaca postingan "Cara Mengganti RAM CPU sendiri" in, saya jamin Anda akan mengetahui bagaimana cara mengganti RAM pada CPU komputer Anda. Sebelum saya membahas tentang cara mengganti RAM CPU sendiri, saya akan sedikit membahas apa itu RAM dan fungsinya.

Apa Itu RAM?

RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk memegang arahan data yang akan di proses oleh processor. RAM adalah tempat penyimpanan yang sifatnya hanya sementara. Jadi ketika kita mematikan komputer RAM ini tidak lagi menyimpan data-data pada saat komputer masih beroperasi.

Fungsi RAM

RAM ini sangat penting keberadaannya bagi komputer Anda, jika Anda mengidupkan komputer Anda tanpa RAM saya jamin tidak akan bisa hidup. Komponen RAM adalah komponen komputer yang paling awet atau jarang rusak, tetapi sebagian orang sering mengganti RAM nya karena kepentingan kecepatan komputer. Karena RAM ini berperan penting dalam proses kecepatan komputer.

Saya rasa Anda sudah mendapat gambaran apa fungsi RAM pada CPU komputer, selanjutnya kita akan melakukan pemasangan RAM pada Motherboard. Perlu diperhatikan pada saat Anda ingin mengganti RAM pada CPU komputer Anda, carilah RAM yang sesuai dengan Motherboard yang Anda gunakan.

Setelah Anda mendapatkan RAM yang sesuai dengan Motherboard Anda, kita akan masuk ke langkah-langkah mengganti RAM pada komputer. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah Mengganti RAM Komputer 


  1. Pertama buka cassing CPU , jangan takut dalam membuka cassing CPU Anda, karena tidak akan ada kerusakan selama Anda benar-benar memperhatikan baut mana saja yang harus dibuka (sebaiknya posisi CPU di tidurkan).
  2. Cari Komponen RAM Anda 
  3. Buka pengunci slot ( di setiap ujung slot memory pada motherboard ) tekan pengunci RAM tersebut secara bersamaan di setiap ujung RAM.
  4. Setelah terbuka saran saya bersihkan terlebih dahulu slot RAM komputer Anda biasanya terdapat bnyak debu di bagian ini.
  5. Setelah dibersihkan, ambila RAM yang akan menggantikan RAM lama, Lalu masukan kedalam slot RAM secara bersamaan (kanan dan kirinya). Perlu diperhatikan sebelum Anda memasukan RAm pada slot RAM, Anda harus memastikan bahwa RAM tersebut tidak terbalik karena bila terbalik Anda memasangnya, tidak akan pas dengan slot RAM.
  6. Setelah berhasil memasang RAM tersebut, silahkan Anda coba untuk menghidupkan komputer Anda. Bila tidak terjadi kesalahan maka komputer  akan berjalan normal seperti biasanya.
 Nah cukup itu tadi pengalaman saya cara mengganti RAM CPU sendiri. Bila Anda mengalami masalah atau memiliki pertanyaan seputar komputer Anda bisa tanyakan langsung dikolom komentar yang telah disediakan.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post