Peralatan dan Instalasi Sound System Masjid 2

Setelah kita sudah memilih peralatan yang bagus, tetapi apabila dalam pemasangannya tidak mengikuti petunjuk teknis yang ada, maka hasil yang didapat tidak akan memusakan bahkan bisa menjadikan peralatan tersebut rusak.

Contohnya adalah pada pemasangan Amplifier TOA yang akan dipasangkan dengan speaker horn (speaker kukusan)

 Spesifikasi Alat
Amplifier TOA menyediakan output pada impedansi tinggi 330 ohm dan speaker horn (kukusan) TOA terdiri dari dua type yaitu yang low impedansi dan high impedansi, yang low impedansi adalah type TOA ZH-5025 B, untuk menyambung dengan amplifier TOA maka diperlukan travo macthing. Sedangkan type yang high impedansi adalah TOA ZH-5025 BM (ada tambahan huruf M. Untuk type ini apabila dihubungkan dengan amplifier TOA tinggal dicolokan begitu saja pada COM -100 V .

Yang perlu diingat adalah :

TIDAK BOLEH MENYAMBUNGKAN OUTPUT DARI AMPLIFIER TOA SECARA BERSAMAAN, contohnya adalah COM - 100 V untuk speaker kukusan kemudian COM- 4 ohm untuk speaker dalam. Mungkin tujuannya biar untuk menghemat peralatan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, tetapi tindakan itu adalah salah besar yang akan mengakibatkan amplifier menjadi terbakar

Semoga bermanfaat
Previous Post Next Post