Komputer Mati Total Led Power dan Led HDD Berkedip

Penyebab komputer error atau mati memang banyak sekali.

Kali ini saya akan share pengalaman saya sendiri memperbaiki komputer mati total, tetapi led power dan led hdd berkedip, di layar monitor tidak ada tampilan apa-apa alias blank sama sekali, setelah pasien  sampai dirumah he he he maksudnya komputer lansung saya tes untuk melihat bagaimana kondisi komputer, setelah colok mouse,keyboard dan monitor,langsung colok kabel power, lalu komputer saya hidupkan dan ternyata komputer tidak booting sama sekali led power dan led hdd berkedip.

Yang perlu di perhatikan

Buka cassing lalu bersihkan dulu dari debu-debu kemudian saya buka hardisk dengan tujuan untuk mencoba dengan hardisk yang lain, karena di lihat dari fisiknya juga sudah ada yang terbakar maka saya berpikir pasti hardisknya error bahkan setelah saya diagnosa lebih lanjut ternyata hardisk sudah mati, penyebabnya karena lembab dan terjadi konsleting di antara komponen di pcb, lalu saya tes dengan hardsik yang lain, dan RAM DDR 1 GB nya  juga saya ganti ternyata masih sama, led power dan led hdd masih kedip-kedip, dalam hati jiah apanya lagi neh, dimana penyakitnya...? Sabar sabar tukang servis tuh harus sabar dan telaten karena dengan kesabaran dan ketelatenan lah yang tetap membuat saya selalu semangat dan termotivasi untuk belajar.

Pengecekan

Cek tegangan power suply ternyata tidak ada masalah, tegangan normal, maka pikiran saya adalah Motherboard Komputer sudah error, kemudian saya angkat mainboard dites dengan komputer yang lain, ternayata masih sama saja seperti yang dulu he heee, setelah saya pikir dan saya evaluasi dari awal sampai akhir maka saya memutuskan kerusakan pasti ada di Processor Komputer, langsung saya buka Processor Intel Socket 478-nya dan saya ganti dengan yang seken karena nyari yang baru sudah tidak ada di pasaran, kemudian di tes langsung nyala komputer booting dan berjalan normal lalu baru saya instal drivernya. Alhamdulilah masalah terselesaikan, kesimpulannya adalah masalah ada processor bukan mainboard yang error.

Semoga Membantu




Post a Comment (0)
Previous Post Next Post