Desain dan Peralatan Sound System Masjid 1

Dalam menata Sound System Masjid ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menentukan kualitas suara yang dihasilkan.

Rancangan Awal
Apabila kita akan memasang sound system di masjid, langkh awal yang harus kita lakukan adalah melakukan desain awal berdasarkan kenyataan di lapangan, maksudnya di masjid he hee, misalnya lebar masjid, model atap, dinding dan lantai.

Pemilihan Peralatan

Setelah kita mengetahui kebutuhan nyata dilapangan, langkah selanjutnya adalah menyediakkan peralatan yang sesui.

Untuk ukuran masjid 15m x 15 m kita memasang speaker dalam 4 buah.

Atau kita akan memasang 4 buah horn speaker (speaker kukusan) diatap masjid , maka yang kita perlukan adalah sebuah amplifier berdaya minimal 4 x 25 watt (daya speaker horn 25 watt) = 100 watt, boleh saja kita menggunakan Amplifier rakitan, tetapi yang harus diperhatikan adalah impedansi output dari amplifier rakitan kta (yang biasanya hanya 8 ohm) , harus matching dengan impedansi speaker horn yang terpasang dan harus diperhatikan pula apabila speaker lebih dari satu karena impedansinya juga akan menjadi lebih kesil


Lebih aman jika kita menggunakan hanya satu merk saja dari peralatan inti yang akan kita pasang. Karena antara satu peralatan dengan yang lainnya sudah di desain untuk bisa matching. Misalkan untuk amplifier dan speaker horn serta speaker dalam menggunakan merk TOA. Bukannya saya promosi tetapi berdasarkan pengalaman saya memasang amplifier rakitan dan saya pasangkan dengan speaker horn maupun speaker dalam dengan jumlah banyak, maka hasil yang didapat sangat jauh dari memuaskan. 

Semoga Bermanfaat

Previous Post Next Post